Tempat Wisata di Jakarta Timur
Travel

Tempat Wisata di Jakarta Timur

Jakarta memang tidak pernah kehilangan pesona sebagai Daerah Khusus Ibukota dari Indonesia. DKI Jakarta sendiri memiliki 5 kota administrasi yang salah satunya adalah Jakarta Timur. Kota yang dipimpin oleh Bambang Musyawardana ini berkembang baik termasuk dalam hal pariwisata. Terdapat banyak wisata menarik disini. Apa Saja?

Tempat Wisata di Jakarta Timur Terbaru

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah

Seperti namanya, tempat rekreasi satu ini menyediakan berbagai miniatur daerah dari seluruh Indonesia. TMII ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga karena memang ditujukan sebagai wahana rekreasi dan edukasi. Selain belajar mengenal budaya daerah dari seluruh Indonesia, TMII juga menyadiakan berbagai permainan menyenangkan seperti gondola, kereta api dan titihan samirono. Lalu ada juga berbagai museum yang dapat anda pilih sesuai yang anda minati. Ada juga Istana Anak Indonesia yang saat ini sedang hits di media sosial. Saking lengkapnya fasilitas dan wahana bermain disana, rasanya tak cukup sehari untuk puas di TMII.

Wisata yang berada di daerah Ceger, Cipayung, Jakarta Timur ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 22.00. tiket masuknya sangat murah yaitu hanya Rp 10.000, namun anda harus menambah biaya jika anda ingin memasuki fasilitas wisata yang lain.

2. Taman Ria Atmaja

Taman Ria Atmaja masih berada di lokasi Taman Mini Indonesia Indah berdampingan dengan Taman Anggrek. Taman hiburan ini dibangun dengan panggung seluas 60 meter yang sering ditujukan sebagai pertunjukan musik. Namun karena wahana ini lebih sering menyajikan jenis musik dangdut, maka panggung ini lebih dikenal dengan istilah ‘Istana Dangdut’.

Klik lihat: Tempat wisata di Jakarta Utara

Selain itu, area disekitarnya sering digunakan untuk berselfie dan bermain. Banyak sekali pedangdut tanah air yang telah ‘menggoyang’ panggung ini. Ketika anda sedang berada di Jakarta Timur dan sedang ada pertunjukan musik, ada baiknya anda masuk dan menikmati taman Ria Atmaja dengan ciri khas Dangdutnya.

3. Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark awalnya merupakan rangkaian wahana yang ditawarkan oleh Taman Mini Indonesia Indah, namun karena membludaknya pengunjung akhirnya pengelola memisahkan administrasi dari keduanya. Namun letak dari Snowbay Waterpark ini masih dalam sekitar Kompleks Wisata TMII, Jakarta Timur.

Wisata permainan ini menyajikan petualangan kelas dunia dengan konsep utama berupa pegunungan salju yang luas dengan segala fasilitasnya, termasuk permainan air, kolam renang, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Tentunya liburan anda akan menyenangkan disini. Snowbay Waterpark Buka Setap Hari pada pukul 09.00-18.00 dengan harga tiket Rp 140.000 hingga Rp 180.000.

4. Archipelago Conservation Park

Archipelago Conservation Park

Taman Mini Indonesia Indah memiliki 2 tempat yang difungsikan sebagai taman burung. Yakni Bird Park dan Archipelago Conservation Park. Untuk memasuki keduanya, anda hanya perlu membayar Rp 20.000/ orang. Disini anda dapat mengenal berbagai macam jenis burung dari seluruh dunia, memberi makan (jika diizinkan petugas), dan tentunya berfoto dengan burung yang ada disana (dikenakan tarif Rp 5.000 /orang / hewan). Tentunya pergi kesini dengan keluarga apalagi dengan anak adalah pilihan yang tepat untuk berlibur. Selain murah, anak juga bisa lebih mengenal berbagai jenis burung.

5. Museum Timor Timur

Museum Timor Timur

Museum Timor Timur masih berada di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini berbentuk sebuah ruma penduduk Los Palos dan beberapa bangunan pendukung. Didalamnya, terpajang berbagai barang barang ciri khas dari Timor Timur seperti peralatan masak, kain kain, keramik serta hasil laut dari Timor Timur seperti aneka keong dari pulau Atauro. Mengapa harus kesini? Seperti yang sudah kita ketahui.

Timor Timur Telah lepas dari Indonesia dan menjadi Timor Leste. Namun ada baiknya untuk memberi tahu pada generasi muda bahwa Timor Timur dan Indonesia pernah menjadi satu bagian sehingga harus saling menghargai. Selain melihat lihat sejarah, tentunya anda juga bisa berfoto di beberapa spot unik disini.

6. Taman Akuarium Air Tawar TMII

Taman Akuarium Air Tawar TMII

Dunia Air Tawar TMII adalah taman biota air tawar terbesar dan terluas kedua di dunia dan menjadi yang terlengkap di Asia. Taman ini menyimpan lebih dari 6.000 binatang dengan 126 spesies yang berbeda baik dari perairan Indonesia maupun belahan dunia yang lainnya.

Klik lihat: Tempat wisata di Jambi

Taman aquarium ini juga dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan, auditorium, pojok reptil, lorong gurame, bioskop 3 Dimensi, Spa Ikan dan juga ruang karantina yang berfungsi sebagai tempat perkembang biakan koleksi dunia air tawar. Selain itu, ada pula tempat yang difungsikan sebagai tempat jual beli hasil ikan dan petani untuk pengunjung. wah, sekalian membeli oleh oleh ya.

7. Wisata Agro Edukatif Istana Susu Cibugary

Wisata Agro Edukatif Istana Susu Cibugary

Konsep rekreasi edukasi yang diusung oleh wisata agro edukatif istana susu Cibugary sukses membuatnya kedatangan ratusan pengunjung tiap harinya. Mulai dari rombongan sekolah, keluarga hingga mahasiswa yang melakukan pengamatan tidak pernah berhenti tiap harinya.

Aktivitas yang ditawarkan disinipun bergam diantaranya Memerah susu sapi, memberi makan dan memandikan sapi serta kambing dan melihat pemorsesan susu menjadi produk siap jual. Pemilik peternakan ini membuka wisata Agro karena menginginkan anak anak zaman now tahu bagaimana mengolah susu sapi menjadi produk yang biasa mereka konsumsi.

Untuk mengunjungi tempat ini dengan keluarga atau rombongan, anda harus membuat perjanjian terlebih dahulu. Untuk harga juga beragam tergantung banyaknya rombongan dan fasilitas yang diinginkan. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB dan berlokasi di Jalan Peternakan Raya Blok C Nomor 12 Jakarta Timur.

8. Bumi Perkemahan Cibubur

Bumi Perkemahan Cibubur

Bumi Perkemahan Cibubur memberikan alternatif wisata alam yang baik untuk warga Jakarta dan lainnya yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan menenangkan dengan berkemah dan memasang api unggun.

Selain camping dan memasang api unggun anda juga dapat melakukan aktivias lain seperti oubond, jogging atau olahraga lain. Disin juga terdapat beberapa tempat ibadah berbeda yang berdekatan. Membuktikan tingginya rasa toleransi disini. Anda tidak perlu khawatir masalah makanan, karena disekitar tempat camping terdapat beberapa warung makan dengan harga terjangkau. Harga tiket masuknya juga cukup murah yakni mulai dari Rp 3.000 – Rp 15.000. sedangkan untuk harga sewa tenda berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 300.000.

9. Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti

Jika anda pernah belajar sejarah kemerdekaan Indonesia, tentuny anda tidak akan asing dengan tragedi G30S PKI. Nah, monumen yang terletak di kawasan Cipayung, Jakarta Timur ini dibuat untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam tragedi memilukan tersebut. Begitu masuk kedalam komleks bangunan monumen pancasila sakti, anda akan disuguhi pemandangan patung megah 7 Pahlawan dengan Garuda Besar nan Gagah dibelakangnya. Selain monumen, disini terdapat sumur Lubang Buaya (sumur yang menjadi tempat dibuangnya jenazah tujuh pahlawan revolusi dahulu).

Klik lihat: Tempat wisata di Jawa Barat

Disini juga terdapat informasi lengkap mengenai tragedi tersebut. Ketika berada di Jakarta Timur, tidak ada salahnya untuk mampir kemari turut mendoakan dan mengenang jasa pahlawan revolusi indonesia. Harga tiketnya terjangkau yakni hanya Rp 2.500/orang. Monumen ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 dan akan sangat ramai dikunjungi pada akhir pekan.

10. Museum Pengkhianatan PKI (Komunis)

Museum Pengkhianatan PKI

Museum ini berlokasi di Cipayun, Jakarta Timur dan dikelola oleh Pusat Sejarah Tentara Negara Indonesia dan menyajikan berbagai koleksi benda bersejarag yang berkaitan dengan peristiwa pemberontakan G30S PKI tahun 1965. Tiket masuk yang diberlakukan disini murah, cukup dengan Rp 2.500 / orang anda suda dapat masuk dan mempelajari sejarah didalamnya.

Selan benda bersejarah, museum ini juga menyimpan banyak diorama peristiwa peristiwa penting di Indonesia seperti diorama Proses Supersemar, Diorama pengangkatan Jenazah dari Lubang Buaya dan masih banyak lagi. Museum ini ramai pengunjung setiap harinya yang kebanyakannya adalah palajar.

Bagaimana sudah tak sabar ingin mengunjungi 10 tempat wisata di Jakarta Timur yang kami rekomendasikan diatas?

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *